SAVE LOKANANTA!


Pada hari Minggu, 28 Oktober 2012. Kita memeringati hari Sumpah Pemuda :D dan pada hari itu pula, di Lokananta yg tepatnya di Jalan A. Yani 379 Solo, juga mengadakan acara amal yaitu SAVE LOKANANTA. Acara ini didalangi oleh mbak Intan (@BadutRomantis) dan beberapa pendukung yg menjadi panitia kecil di Solo, seperti mbak Adia (@Adia311), mas Fajar (@DjARZILLA), mas Niko (@ncko) dan lain-lain.
Acara yang sederhana namun memberi kesan mewah ini bertujuan untuk menjaga, melestarikan, dan melindungi kegiatan dan barang-barang di Lokananta ini agar terjaga dan terlindungi keasliannya. Acara ini mendapat banyak sorotan anak muda Solo yang memang peduli akan kelangsungan Lokananta kedepannya, saya sebagai penggagas acara ini melalui Timeline twitter saya, juga merasakan kebanggaan karena banyak anak muda yang menjadi partisipan untuk berlangsungnya acara ini. *applause to anak muda Solo!*
Di acara itu, dimulai dengan diskusi dengan mas Wendy (@wenzrawk) tentang pembahasan studio Lokananta di majalan Rolling Stone INA. Ya memang, mas Wendy adalah Executiv Editor di majalah Rolling Stones INA itu, dia juga menambahkan bahwa pada tahun 2010, sudah ada 10halaman pembahasan studio Lokananta ini di majalan Rolling Stones INA. Setelah selesai berdiskusi, dilanjutkan sambutan oleh penggagas acara ini, mbak Intan dan mas Adjie 'down for life' (@downforlifesolo) lalu juga sambutan pengurus studio Lokananta ini (hihi maaf, saya lupa nama bapak-bapak ini :P) beliau berkata bahwa Lokananta pada tahun 2000 Lokananta dinyatakan pailit dan tahun 2004 bergabung dengan Perum Percetakan Negara. Betapa mirisnya saya mendengar hal itu. Dan sudah mengucapkan janji kepada diri saya bahwa saya akan melestarikan Lokananta.
Di Lokananta banyak terdapat piringan hitam/vynil yang bersejarah. Mulai dari konferensi-konferensi dunia, lagu-lagu keroncong, maupun lagu-lagu daerah dari segala penjuru pelosok Indonesia. Semua asli!
Lokananta adalah studio musik pertama di Indonesia dan kita sebagai anak muda dan sebagai Sahabat Lokananta harus melestarikan warisan budaya Indonesia yang mendunia ini.
Pada acara itu, juga diperdengarkan lagu seperti Rasa Sayang Sayange dan Oh Ina Ni Keke. Keren sekali, bukan? Saya gak nyesel memaksakan datang ke acara itu walaupun saya sedang sakit parah.. Acara itu sangat menghibur :,) dan saya bangga menjadi Sahabat Lokananta!
Tidak kalah menariknya, ada White Shoes and The Couples Company, Endah Laras, Sruti Repati dan pemain keroncongan yg meramaikan dan menghidupkan suasana :D
Semoga ada acara-acara lain yg melestarikan dan menjaga Lokananta :-)

Kalau bukan kita yang menjaga warisan budaya, siapa lagi? Selagi masih muda, mari kita mengerahkan segala kemampuan kita dan kepedulian kita untuk menjaga keutuhan dan melestarikan budaya asli Indonesia :D

Solo, 5 November 2012

Comments

Popular posts from this blog

17!

Holy-Day! emm... Or Holiday?

Akulah Malam Ini