Hak Asasi Manusia.

HAM.
Hak Asasi Manusia.

HAM adalah hak-hak yang telah dipunyai seseorang sejak ia dalam kandungan. - Wikipedia.

HAM. Hak Asasi Manusia. Hak yang seharusnya memang dimiliki setiap insan yang ada di dunia. Hak yang seharusnya mereka perjuangkan jika diinjak-injak oleh orang lain. Hak yang seharusnya dihargai oleh orang lain. Karena selama seorang manusia itu masih hidup, begitu juga hak yang dia miliki. Akan tetap senantiasa hidup dan mendampingi dirinya.


Sebagai manusia, saya, anda, mereka, dan setiap orang mempunyai hak yang sama. Yaitu, hak untuk hidup, hak untuk mengaspirasikan pendapat, hak untuk mendapat kesempatan yang sama. Tetapi, yang saya lihat di lingkungan sekitar, masih banyak hak-hak asasi manusia yang tidak dihiraukan, seakan-akan hanya harta dan derajatlah yang menentukan segalanya. Sebagai makhluk sosial, tentulah kita mempunyai jiwa sosial, jiwa membutuhkan sesama. Karena tentunya kita tidak bisa hidup sendirian. Bisakah kita ambil contoh sederhana, apabila saya kelaparan, saya membutuhkan penjual makanan, sang penjual makanan butuh bahan baku seperti contoh sayur, bumbu dan sebagainya. Dia membutuhkan petani sayur untuk mendapatkan itu dan begitu seterusnya.

Miris sekali melihat dan mendengar hak-hak asasi rakyat miskin tidak diakui, bahkan terkadang mereka diperlakukan seperti hewan. Dimana hati nurani kita sebagai sesamanya? Dimana? Mereka butuh kita. Kita yang lebih mampu daripada mereka rakyat-rakyat yang ekonominya rendah seharusnya lebih bisa menolong, setidak-tidaknya sedikitpun pasti mereka terima, asal kita ikhlas. Allah juga pasti akan meridhoi :-)

Sebagai makhluk yang mempunyai hak asasi manusia juga, baiknya kita merasakan dan ikut empati kepada sesama kita yang tertindas sampai-sampai tidak diakui haknya sebagai manusia. Selain ber-empati, lebih baik lagi jika kita juga ikut membantu atau merealisasikan apa yang harus kita lakukan! Membantu sesama itu penting, karena kita bisa menunjukkan apabila kita menghargai mereka dan menjunjung tinggi hak mereka sebagai manusia.

Mari kita ubah dunia dari hal kecil! Karena sesuatu yang besar, berawal dari sesuatu yang kecil!

"Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia." - Ir. Soekarno.

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Moö, Perkomboran, dan Hamburger.

Sajak Kebenaran.

pleasant